Daya Tarik Pulau Karampuang

Daya Tarik Pulau Karampuang

Daya Tarik Pulau Karampuang yang ada di Mamuju tawarkan keelokan Indonesia dengan kekhasan tertentu yang akan membuat terpesona.

Beberapa pelancong yang naiki kapal dapat menyaksikan bagaimana alam yang ada seputar pulau ini betul-betul terbangun.

Tidak itu saja saja, liburan memakai kapal laut akan makin terkesan karena transportasi ini jadi salah satu yang dapat terhubung ke pulau Karampuang.

Daya tarik Keelokan Pulau Karampuang di Mamuju

Dengan berbagai rutinitas dari kota Mamuju ke pulau itu atau kebalikannya beritanya tidak pernah sepi.

Baca juga: Teluk Cinta di Pulau Labengki

Dengan naiki kapal sebagai salah satu fasilitas transportasi ke arah Pulau Karampuang dari dermaga Mamuju, pengunjung bisa nikmati keelokan pulau yang disebutkan sebagai pulau buaya oleh warga di tempat karena memiliki bentuk yang serupa dengan reptil itu saat disaksikan di atas.

Meskipun kapal laut jadi hanya satu akses untuk ke arah pulau Karampuang, tetapi rutinitas dari kota Mamuju ke arah Pulau Karampuang atau kebalikannya tak pernah sepi.

Cukup dengan tempuh waktu seputar dua puluh menit, pengunjung langsung akan datang di Pulau yang bernama memiliki makna rembulan dalam Bahasa Indonesia.

Luas daerah dari Pulau Karampuang ialah sejumlah 6,37 km2 dalam jumlah warga yang capai 2.937 jiwa. Pengunjung Pulau Karampuang abang disongsong dengan pelabuhan kayu dari Dermaga Ujung Bulo yang menjuru ke laut sejauh lebih kurang lima ratus mtr..

Dari pelabuhan yang sebagai landmark dari pulau ini, panorama bawah laut Pulau Karampuang bisa kelihatan secara jelas.

Keanekaragam terumbu karang dimulai dari soft coral sampai hard coral memikat semua mata yang menyaksikannya untuk menceburkan diri ke air untuk menyaksikan kelompok terumbu karang itu dari dekat.

Pulau Karampuang sendiri memang berpotensi rekreasi yang lumayan besar yang bisa dieksplor dari keelokan bawah lautnya. Untuk beberapa pencinta snorkeling atau diving,

Pulang Karampuang sebagai tujuan yang harus didatangi saat bertandang ke daerah Mamuju. Kecuali keanekaragam terumbu karangnya, panorama bawah laut Pulau Karampuang di ramaikan oleh kedatangan berberap tipe ikan laut seperti ikan badut dan ikan kakak tua berdahi bundar atau dikenal juga dengan panggilan ikan bumphead.

Sepintas Mengenai Daya Tarik Pulau Karampuang

Pulau cantik ini mempunyai luas sejumlah 6,37 km persegi dalam jumlah warga yan capai 2.937 jiwa. Bahkan juga beberapa pengunjung ini kelak akan disongsong karena ada pelabuhan kayu dari Dermaga Ujung Bulo yang tempatnya menjuru ke laut. Panjangnya lebih kurang 500 mtr.. Sementara dari pelabuhan yang disebut landmark pulau ini, ada panorama bawah laut yang kelihatan demikian terang.

Anda dapat menyaksikan pulau ini dengan kekuatan rekreasi yang lumayan besar dan dapat dieksplor dari alam bawah laut. Untuk beberapa pencinta snorkeling atau diving sendiri, Pulau Karampuang ini sebagai tujuan yang harus didatangi saat tiba ke daerah Mamuju. Tidak cuman terumbu karang yang beragam macam tapi panorama di bawah laut ini diperlengkapi karena ada beberapa macam ikan laut. Misalkan saja seperti ikan badut dan ikan kakak tua berdahi bundar. Umumnya disebutkan dengan ikan bumphead.

Saat Anda ingin nikmati panorama bawah laut sesungguhnya tidak perlu dengan diving. Anda dapat bersnorkeling di dekat pelabuhan yang berada di Ujung Bulo dan tempat yang lain. posisinya tidak jauh dari Pulau Karampuang. Kedalaman tempat ini cuman seputar dua sampai empat mtr. saja.

Dahulunya keelokan pulau ini disebutkan dengan Pulau Liutang. Ada satu spot menyelam terbaik di mana Anda dapat menyaksikan ada wall site yang terbagi dalam kelompok terumbu karang. Kelompok ini seperti dinding besar yang membuat pengalaman menyelam Anda menjadi lebih berlainan.

Posisi dan Akses Ke arah Pulau Karampuang

Letak pulau ini memiliki jarak seputar 3 km dari pantai Mamuju. Anda dapat menyaksikan bagaimana keelokan matahari tenggelam dan ada pasir putih dan alam bawah laut yang tetap terlindungi orisinalitasnya.

Sayang untuk kekuatan rekreasi pulau ini belum dikeduk semaksimal kemungkinan. Walau sebenarnya pemerintahan di tempat sendiri tahu jika waktu pintas cuman 15 menit saja memakai kapal dari Mamuju. Pasti ini dirasa oleh beberapa pelancong. Anda masih dapat berkunjung tujuan yang berada di seputar seperti Samalona di Makassar dan Takabonerate yang berada di Selayar.

Salah satunya bukti mengapa belum dikeduk ialah alat transportasi ke arah ke situ masih transportasi tradisionil. Mereka memakai kapal punya masyarakat yang dikontrakkan pada warga di tempat atau wisatawan yang akan berekreasi ke situ.

Sarana di Pulau Karampuang

Untuk sarana yang berada di Pulau Karampuang sesungguhnya tidak demikian banyak dan eksklusif. Ada gardu punya masyarakat yang dikontrakkan untuk beberapa pelancong pada harga Rp. 30.000 satu hari. Sementara rumah masyarakat dapat disihir jadi pemondokan pada harga sewa Rp. 150.000 per malamnya.

Tidak dapat disangkal memang Pulau Karampuang ini sebagai salah satunya objek rekreasi yang cantik dari semua segi. Supaya bisa sampai di tempat rekreasi ini Anda dapat memakai kapal atau perahu reguler yang umumnya bekerja tiap hari di Dermaga Pelelangan Ikan atau PPI Mamuju. Jarak menempuh yang ada memerlukan waktu 15 sampai 20 menit dari ibu-kota propinsi.

Narasi Dibalik Pulau Karampuang

Warga Indonesia memang populer karena ada beberapa cerita dibalik setiap tempat terkenal. Seperti dengan Pulau Karampuang ini. Ada versus lain masalah pemberian nama yang disebutkan Karampuang. Kabarnya, dahulunya pulau ini ialah tempat persembunyian dari beberapa raja dan berdasar kerajaan karena saat itu untuk larikan diri dari dikejar tentara BelAnda yang ada di periode kolonialisme.

Sementara persembunyian Karampuang sendiri tersusun atas Kara bermakna karang batu. Nama Puang mempunyai makna bangsawan, ningrat atau raja. Dari kombinasi dua kata ini pada akhirnya membuat nama Karampuang. Bahasa ini berawal dari bahasa suku yang berada di Sulawesi seperti Bugis, Toraja dan Makassar.

Tetapi apa saja nama dan bagaimana asal mula dari nama pulau ini pasti kita dapat berkunjung di situ dengan beberapa penghuni yang sebagian besar etnis suku Mamuju. Anda dapat kagum menyaksikan keelokan Indonesia sisi timur ini. Disini petulangan dapat betul-betul Anda alami.

Sumur di Teritori Daya Tarik Pulau Karampuang

Yang tidak kalah cantik dari Pulau Karampuang ialah ada sumur tiga rasa atau yang kerap dinamai Sumur Jodoh. Sumur ini ada pas pada bagian selatan dari Pulau Karampuang. Ada beberapa warga yang yakin jika dari sumur ini dapat datangkan jodoh untuk siapa. Bagus untuk perjaka maupun gadis yang minum air dari sumur itu. Untuk rasa air dari sumur ini mempunyai 3 rasa yang lain.

Pulau Karampuang sendiri mempunyai sebuah pelabuhan kayu dengan panjang 500 mtr. dan dibuat dari garis pantai yang tempatnya menjuru ke laut. Sementara air laut juga bersih dan jernih tidak kalah dari panorama bawah laut. Anda dapat mendapati deramaga ini pada bagian utara dari Pulau Karampuang.

Disamping itu, beberapa pelancong bisa juga menyelam khususnya untuk fans skin diving dan snorkeling. Umumnya mereka menyebutkan selam dangkal dan selam permukaan. Karampuang sendiri sebagai lokasi yang pas untuk salurkan hobbi yang Anda punyai.

Tidak itu saja saja, ada sebuah goa yang dinamakan Goa Lidah. Kalaulah Anda ingin telusuri ke goa, Anda dapat mencarinya memakai tangga yang telah ada. Jika disaksikan dari terlalu jauh, goa ini kelihatan kecil. Tapi Anda tidak perlu terkejut jika dalam goa ada ruang yang lumayan luas dengan dinding yang kuat.

Saat Anda berencana untuk tiba ke Pulau Karampuang, Anda dapat lakukan beberapa penyiapan. Misalnya pilih transportasi yang nyaman khususnya yang tiba di luar pulau. Anda perlu anggaran yang lebih buat fasilitas, ongkos makan dan transportasi.